Maaf, Anda mengaktifkan Adblock pada browser anda!
Atau anda tidak mengaktifkan Javascript![ ? ]

Sebuah Monumen Besar nan Misterius Ditemukan di Petra

Sebuah Monumen Besar nan Misterius Ditemukan di Petra

dikutip dari  detikNews
Sebuah Monumen Besar nan Misterius Ditemukan di Petra
Foto: Gambar citra satelit penemuan monumen di Yordania (LaBianca/S. Parcak/livescience.com)

Laporan temuan baru di situs warisan dunia tersebut dipublikasikan oleh Bulletin of the American Schools of Oriental Research oleh arkeolog Sarah Parcak dan peneliti Christopher Tuttle. Keduanya memakai citra satelit beresolusi tinggi dan potret drone sampai melakukan survei langsung ke lokasi. Belum ada ekskavasi di sana, namun dipastikan bangunan itu memiliki ukuran sekitar 800 meter di bagian selatan Petra.

Kementerian Pariwisata dan Benda Antik Yordania menyambut baik temuan ini. Menurut Menteri Lina Annah, hal tersebut bisa membawa kebanggaan bagi masyarakat Yordania. Penggunaan teknologi telah menjadi sebuah kebutuhan bagi penelitian selanjutnya.

“Penggunaan teknologi drone, pencitraan satelit, dan ekskavasi diharapkan bisa mengungkap lebih banyak ‘Harta karun’ Yordania,” terang menteri Annah lewat rilis kepada detikcom, Selasa (14/6/2016).

Diperkirakan, monumen baru tersebut berusia 2.100 tahun lalu. Dalam waktu dekat, proses ekskavasi rencananya akan dilakukan.

Petra adalah bagian dari tujuh keajaiban dunia yang dilestarikan. Kota kuno tersebut unik karena dibangun oleh suku Nabatean ribuan tahun lalu dengan cara memahat bukit batu cadas.

Bangunan yang paling dikenal di Petra adalag Treasury. Itu adalah makam raja yang belakangan oleh Romawi diubah fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *