Maaf, Anda mengaktifkan Adblock pada browser anda!
Atau anda tidak mengaktifkan Javascript![ ? ]

Arsitektur menawan di Suriah

(Seri Arsitektur Islam dan Timur Tengah) 
ARSITEKTUR UNIK DAN MENARIK SYRIA


Bimaristan Arghoni
Sumber:www.globalarabnetwork.com

Sejarawan Amer Rashid al Mobayed mengatakan bahwa bangunan tersebut termasuk 6 paviliun dengan desain arsitektur yang kreatif dan struktur tahan gempa bumi.

Terdiri dari ruang tunggu, klinik rawat jalan, farmasi dan ruang resepsionis untuk para pengunjung. Halaman utama adalah halaman ruang terbuka berbentuk bujur sangkar yang luas dengan sebuah air mancur yang besar dan indah.

Terdapat lima ruangan di timur dan barat yang mengitari koridor yang digunakan sebagai ruang pemeriksaan medis dan ruang pengobatan pasien non-residen.

Halaman tersebut membawa menuju dua ruang besar ke selatan dan utara dengan ornament tubuh-tumbuhan. Para pasien biasanya bersantai dan mendengarkan music yang dimainkan oleh sebuah band music di sana.

Arsitektur seni Islam juga ditunjukkan di beberapa bangunan Masjid. Masjid Goharshad adalah salah satu dari Masjid-Masjid terkenal yang terletak di provinsi Razavi Khorasan di timur laut Iran.

Bangunan tersebut terletak di komplek arsitektural Kuil Imam Reza di Mashhad. Masjid tersebut dibangun atas perintah dari Goharshad, istri dari Sharukh dari dinasti Timurid pada tahun 1418 dan diselesaikan oleh arsitek Ghavameddin Shirazi. Masjid tersebut adalah salah satu monument bersejarah yang paling terkenal di Iran karena karekteristik bangunannya dan kaya akan ubin dan dekorasi tulisan suci.

Masjid tersebut memiliki luas area sebesar 9419 meter persegi. Memiliki sebuah kubah lazuardi, empat beranda, sebuah halaman dan tujuh ruang besar. Pada dua sisinya terdapat dua menara Masjid yang indah, tiap menara tersebut menjulang 40 meter. Terdapat juga sebuah altar yang besar dengan sebuah batu dado dan sebuah mozaik berhiaskan cangkang.

Sebuah hiasan kaligrafi yang ditulis oleh Baysunqur Mirza dari Dinasti Tymurid yang memiliki salah satu kaligrafer terkenal pada masanya, masih tetap ada pada garis pintu masuk beranda. Beranda utara dibangun dengan menghormati inskripsi pintu masuk pada tahun 1087 hijriah selama masa Suleiman Shah dari dinasti Safavid. (ppt/iq/ir)


Bimaristan Arghoni


Mesjid Goharshad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *