Maaf, Anda mengaktifkan Adblock pada browser anda!
Atau anda tidak mengaktifkan Javascript![ ? ]

Tips membersihkan perabot rumah

KOMPAS.com – Beranda merupakan bagian rumah yang letaknya di luar. Oleh sebab itu, beranda berpeluang besar terkena debu dan kotoran, apalagi jika rumah Anda terletak di pinggir jalan besar.

Furnitur Anda di beranda pun akan terkena dampaknya. Perabotan-perabotan seperti kursi dan meja akan lebih cepat kotor dibandingkan furnitur lainnya. Padahal, furnitur di beranda paling terlihat oleh tamu atau pengguna jalan.

Bagaimana cara membersihkan furnitur di beranda, agar tampak tetap kinclong?

1. Furnitur plastik

Cuci furnitur plastik dengan tiga sendok makan deterjen bubuk (atau oksigen pemutih) dan campur dalam seember air hangat. Anda dapat mencoba menggunakan car wax (pelapis badan mobil) untuk menutup furnitur plastik. Pastikan Anda sudah menyeka secara ekstra sebelum orang lain duduk di atasnya.

Jika masih tidak bersih, gunakan cat semprot untuk plastik. Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan lapisan cat.

Perlu diingat bahwa plastik tidak tahan lama di bawah sinar matahari sehingga ada kemungkinan bahkan setelah Anda membersihkannya, furnitur ini malah terlihat tua. Pertimbangkan untuk mengganti mereka dengan furnitur yang lebih ramah lingkungan.

2. Furnitur kayu

Jika Anda belum menutupi atau menyimpan furnitur kayu di tempat yang tertutup, maka kemungkinan besar furnitur ini bisa memudar atau kotor. Cobalah beberapa sabun ringan dan spons dengan sisi hijau untuk menghilangkan kotoran.

Jika kayunya kayu jati, pastikan Anda sudah mengeringkannya secara menyeluruh. Kemudian tambahkan beberapa tetes minyak jati untuk menambah kilau dan kedalaman serat kayu.

3. Payung

Benda ini dapat dicuci, biasanya dengan deterjen. Meskipun beberapa orang menggunakan sabun pencuci mobil. Seperti biasa, ikuti petunjuk pada kain payung dan pastikan payung benar-benar kering agar tidak berjamur.

4. Bantal

Anda bisa mencampur larutan satu sendok teh deterjen pencuci piring dengan satu liter air hangat dan satu sendok makan boraks. Biarkan campurannya meresap pada kain selama beberapa menit.

Kemudian, bilas dengan air mengalir dari selang dan biarkan kering di bawah sinar matahari. Setelah kering, cobalah untuk menyemprotkanspray scotchgard untuk melindunginya dari sengatan matahari langsung.

5. Furnitur aluminium

Gunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air danscrub.

6. Furnitur besi

Jelas furnitur ini bisa karat. Jika sudah telanjur berkarat, Anda benar-benar harus mengampelas dan melapisinya dengan sentuhan cat atau lilin. Untuk membersihkannya, gunakan sabun pencuci piring yang telah dilarutkan dengan air dan pastikan kering dengan baik.

Dikutip dari Kompas 22 Februari 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *