Maaf, Anda mengaktifkan Adblock pada browser anda!
Atau anda tidak mengaktifkan Javascript![ ? ]

Dewa Osiris dalam mitologi Mesir kuna

Dewa – dewi Mesir Purba


AMON RA
Amon adalah Dewa Bulan. Dalam Mitologi Mesir Kuno dalam bentuk Amun-RA,Ia Menjadi pusat tatanan yang rumit. Sebagai Pencipta Dewa Ia Pembela Kaum Miskin Dan Pusat Kesalehan Pribadi. Amun Diciptakan Sendiri Tanpa Ibu Dan Ayah,Dan Selama Kerajaan Baru Ia Menjadi Ekspresi Terbesar Dewa Dalam Mesir Teologi. Amun-RA,
Juga Sama Seperti Dewa Pencipta,Tidak Secara Fisik Melahirkan Alam Semesta. Posisinya Adalah Raja Dewa.
Dewa Mesir Kuno Yang Paling Dipuja Dan Merupakan Dewa Tertinggi. Kuil Abu Simbel Dibangun untuk menyembahnya. RA Sering Di Gambarkan Sebagai Dewa Matahari,RA Sering Diucapkan ‘Rah’ Tetapi Lebih Tepat ‘Re’. Menjadi Dewa Mesir Kuno Selama 5 Dinasti,Ia Sering Diidentikan Dengan Matahari Ditengah Hari,Dengan Dewa-Dewi Yang Mewakili Posisi Lain Dari Matahari,
RA Selalu Berubah Dari Waktu Kewaktu,Dan Dalam Satu Bentuk Lain Ia Berkata Pada Matahari Yang Mewakili Setiap Saat Sepanjang Hari. Kemudian Disebut Heliopolis’Kota Matahari’Oleh Orang Yunani Kuno. Kemudian RA Bergabung Dengan Dewa Horus,Sebagai ‘Re-Horakhty’. Ketika Mencapai Posisi Penting Dalam Jajaran Mesir,Ia Dipercaya Memimpin Langit,Bumi,Dan Bawah Tanah. Dia Juga Dikaitkan Dengan Elang,Sebagai Simbol Lain Dewa Matahari Yang Melindungi Fir’aun. Anak-Anak Hathor Dianggap Ayah Oleh RA.

ANUBIS
Anubis Dalam Kepercayaan Mesir Kuno Dianggap Sebagai Dewa Kematian Atau Pencabut Nyawa Yang Sadis Dengan Wujud Manusia Berkepala Anjing,Atau Dalam Bentuk Anjing Lengkap Warna Daging Yang Membusuk,Mengenakan Pita Dan Memegang Cambuk Di Lengannya.
Anjing Itu Juga Berkaitan Tentang Kuburan Di Mesir Kuno. Anubis Adalah Dewa Yang Berkaitan Tentang Pembalseman Mumi Dan Kehidupan Setelah Mati,Hal Itu Dibuktikan Pada Kalungnya Yang Bermata Ankh Yang Berarti Reingkarnasi. Pada Bahasa Mesir Anubis Dikenal Sebagai Inpu(Dibaca Anupu),Dia Juga Mempunyai Hubungan Dengan Dewa Hermes Dari Yunani.

HATHOR
Hathor Adalah Dewi Yang Dipersonifikasikan Tentang Prinsip Feminim,Cinta,Sukacita. Dia Adalah Dewi Yang Paling Populer Sepanjang Sejarah Mesir Kuno. Ia Disembah Oleh Masyarakat Umum. Dalam Kuburan Digambarkan Sebagai ‘Pemimpin Barat’ Menjemput Orang Mati Ke Kehidupan Selanjutnya. Dia Juga Merupakan Dewi Musik,Tari,Dan Kesuburan Tanah Asing Yang Membantu Perempuan Dalam Proses Kelahiran.

HORUS
Horus Adalah Salah Satu Dewa Yang Penting Dalam Mesir Kuno,Yang Dipuja Setidaknya Selama Akhir Periode Predinastik Melalui Yunani Sampai Romawi. Berbagai Bentuk Horuses Dicatat Dalam Sejarah. Bentuk Paling Awal Adalah Horus Falcon Yang Merupakan Dewa Pelindung Nekhen Di Mesir. Horus membunuh Seth untuk membalaskan dendam ayahnya ‘Osiris’ Yang Dibunuh Seth.

ISIS
Isis Adalah Dewi Mesir Kuo Yang Terkenal Diyunani Dan Romawi. Dia Dipuja Sebagai Ibu Yang Ideal,Istri,Pelindung Alam Dan Sihir. Dia Adalah Teman Budak,Orang-Orang Berdosa,Pengrajin,Orang-Orang Tertindas,Serta Mendengarkan Doa Orang-Orang Kaya,Gadis,Bangsawan,Dan Pengusaha. Isis Juga Merupakan Dewi Ibu Dan Kesuburan. Isis Selain Sebagai Istri Osiris,Dia Juga Adik Osiris. Semenjak Kematian Osiris,Isis Berkelana Untuk Mengumpulkan Bagian Tubuh Osiris Yang Disebar Seth.

KHNUM
Khnum Adalah Dewa Yang Paling Awal. Dewa Sumber Dari Sungai Nil. Karena Banjir Tahunan Sungai Nil Membawa Lumpur,Tanah Liat,Dan Membawa Air Kehidupan Kepada Sekitarnya,Ia Dianggap Sebagai Pencipta Tubuh Manusia Dengan Membuat Roda Tembikar,Dari Tanah Liat Dan Ditempatkan Pada Ibu Mereka’Rahim’.

Maat Adalah Dewi Mesir Kuno Dengan Konsep Kebenaran,Keseimbangan,Keteraturan,Hukum,Moralitas,Dan Keadilan. Dewi Maat Juga Disebut Dewi Pengatur Bintang-Bintang,Musim,Serta Tindakan-Tindakan Baik Manusia Dan Para Dewa,Yang Mengatur Alam Semesta Dari Kekacauan. Setelah Perannya Dalam Penciptaan Dan Terus Mencegah Kembali Ke Alam Semesta Dari Kekacauan,Peran Utamanya Dalam Mitologi Mesir Kuno Berurusan Dengan Penimbangan Jiwa-Jiwa Yang Terjadi Di Dunia Bawah. Bulunya dipakai sebagai ukuran yang menentukan Apakah Jiwa Orang Yang Sudah Meninggal dapat masuk Surga atau tidak.

Nephthys adalah dewi yang tidak diketahui asal-usulnya . Berdasarkan Bahasa Mesir Kuno Berarti ‘ Nyonya Rumah’,Seolah-Olah Menunjukan Kepada Manusia, Tidak Dengan Cara Apapun Harus Diidentifikasikan Dengan Beberapa Gagasan Tentag Ibu Rumah Tangga. Maupun sebagai wanita utama yang Memerintah Negeri Umum Rumah Tangga. Ini Adalah Kesalahan Meresap Dan Mengerikan Yang Sering Diulang-Ulang. Nama Yang Khusus Adalah ‘Nyonya Kuil’.

Osiris Adalah Dewa Kehidupan Alam Yang Menguasai Akhirat. Dewa Ini Juga Banyak Disembah. Osiris Digambarkan Menggunakan Mahkota Yang Mirip Dengan Mahkota Putih Dari Mesir. Dia Juga Membawa tongkat lengkung dan cambuk,Lekukannya Diperkirakan Untuk Mewakili Osiris Sebagai Dewa Gembala. Simbol Mencambuk Sudah Pasti Dengan Cambuk Gembala,Terbang Menyapu. Biasanya Ia Dilambangkan Dengan Warna Hijau’Warna Kelahiran Kembali’ Atau Hitam’Mengacu banjir dataran  Sungai Nil yang subur’. Osiris Mempunyai Adik Isis Yang Merupakan Istrinya Juga. Osiris Dibunuh Seth,mayatnya dipotong-potong Dan Dihanyutkan Di Sungai Nil. Setelah Tubuhnya Dikumpulkan Isis,Osiris Bangkit Kembali Dan Naik Kelangit Membentuk Rasi Bintang Orion. Seketika Itu Isis Hamil Dan Melahirkan  Horus yang kelak menjadi dewa.

Sekhmet Adalah Dewi Yang Digambarkan Sebagai Singa Betina,Pemburu Paling Sengit Yang Dikenal Oleh Mesir Kuno. Dia Dianggap Sebagai Pelindung Fir’aun Dan Pemimpin Mereka Dalam Peperangan. Sekhmet Juga Dianggap Sebagai Ibu Harmaches.

Seth/Sotekh Adalah Dewa Yang Bersifat Antagonis. Sebenarnya Dia Juga Bukan Asli Dewa Dari Mesir Kuno. Dewa Yang Berkedudukan Tinggi Ini Satu-Satunya Yang Dapat Dikatakan Sejajar Dengan RA. Dia Juga Disebut Dewa Gurun,Badai Pasir,Dan Kegelapan. Seperti Loki Di Mitologi Viking Ares Di Yunani Ia Merupakan Dewa Yang Menarik,Karna Tetap Disembah Walau Reputasinya Buruk Dan Status Kedewaannya Diwakili Sifat-Sifat Buruk. Loki Mewakili Tipudaya Serta Ilmu Hitam,Ares Mewakili Peperangan Dan Rasa Haus Darah. Seth Dikenal Bermusuhan Dengan Horus Karna ‘Osiris’Ayah Horus Dibunuh Seth Dengan Bantuan Typhon Sang Dewa Badai Dari Mitologi Yunani Dengan Memotong-Motong Tubuhnya Dan Menyebarkanya Disungai Nil. Analogi Permusuhan Ini Adalah Gurun Pasir’Seth’ Yang Melambangkan Bencana,Panas Terik Berhadapan Dengan Sungai Nil’Horus’ Yang Melambangkan Kesuburan,Anugrah Umat Manusia. berkat Jejahatanya,Seth Dianggap Iblis,Dewa Jejahatan,Dan Sumber Kemalangan. Hingga Akhirnya Horus Berhasil Membunuhnya.

Sobek Adalah Dewa Yang Digambarkan Sebagai Buaya pada umumnya, atau Sebagai Seorang pria berkepala buaya. Ketika Dianggap Sebagai Pelindung Pasukan Fir’aun,Ia Ditampilkan Dengan Simbol Otoritas Raja. Dia Juga Digambarkan Bersama  palang panteknya,Yang Mewakili Kemampuannya untuk Membatalkan Niat Jahat Dan Menyembuhkan Penyakit. Ia Pernah Menjadi Sobek-RA,Hal Itu Ditunjukan Dengan Cakram Matahari Diatas Kepalanya,Sebagai Dewa Matahari.

Thoth Dianggap Sebagai salah Satu Dewa Penting Di Mesir,Sering Digambarkan Dengan Kepala Dari Sesosok Iblis. Kepalanya Berada Di Khemennu Tempat Suci Dimana Dia Memimpin Masyarakat Setempat. Kemudian Berganti Nama Menjadi Hermopolis Oleh Orang-Orang Yunani.

Harmaches Adalah Seorang Dewa Yang Muncul Selama Kerajaan Baru. Dia Dijuluki Sebagai Singa Pangeran,Putra Dari Dewi Sekhmet.

jumlah Dewa & Dewi kepercayaan Mesir Kuno? Totalnya ada 29. Siapa saja?  Amun, Anubis, Aten, Atum, Bastet, Bes, Geb, Hapy, Hathor, Horus, Isis, Khepri, Khnum, Ma’at, Nephthys, Nun, Nut, Osiris, Ptah, Ra, Ra-Horakhty, Sekhmet, Seshat, Seth, Shu, Sobek, Tawaret, Tefnut, and the last Thoth.

Orang Mesir kuno percaya kalau ke29 dewa dan dewi memiliki perannya masing-masing, yaitu untuk menjaga perdamaian dan harmoni di seluruh negeri. Beberapa dewa dan dewi memiliki tugas dalam hal penciptaan, beberapa membawa banjir setiap tahun, beberapa menawarkan perlindungan, dan beberapa mengurus orang-orang setelah mereka meninggal. Orang Mesir kuno percaya bahwa keharusan untuk mengenali dan menyembah dewa-dewa dan dewi agar hidup terus lancar.

DIBALIK PARA DEWA-DEWI MESIR

Berawal dari hanya adanya sebuah Nun. Nun adalah air yang gelap dan penuh kekacauan. Satu hari, sebuah bukit muncul dari dalam air ke permukaan. Bukit ini dinamakan Ben-Ben. Di atas bukit ini berdiri Dewa Atum, dewa pertama.

Atum terbatuk dan meludahkan Shu, dewa udara/angin, dan Tefnut, dewi embun/hujan/kelembapan. Shu dan Tefnut memiliki dua orang anak. Geb, dewa bumi dan Nut, dewi langit.Shu mengangkat Nut sehingga membentuk kanopi yang melindungi Geb (Ini memiliki arti kalau mereka berdua dinikahkan).

Nut dan Geb memiliki empat orang anak yang bernama Osiris, Isis, Seth dan Nephthys. Osiris merupakan raja di bumi dan Isis ratunya. Osiris adalah raja yang baik, dan dia mengatur bumi selama bertahun-tahun. Tiba-tiba segalanya menjadi buruk. Seth cemburu pada Osiris karena dia ingin mengatur bumi seperti yang dilakukan Osiris. Seth marah dan satu ketika dia membunuh Osiris. Osiris pergi ke dalam perut bumi dan Seth menggantikan Osiris sebagai raja di bumi. Osiris dan Isis memiliki seorang anak laki-laki bernama Horus. Horus melawan Seth dan mengambil alih tahta. Setelah itu, Horus menjadi raja di bumi dan Osiris menjadi raja di dalam perut bumi.

Amun

from google (Dewa Amun)
Amun adalah dewa terkuat di sejarah Mesir kuno. Pada puncak peradaban Mesir dia disebut sebagai ‘King of The God’. Amun masuk ke dalam jajaran dewa penting sepanjang sejarah Mesir kuno. Bahkan ketika dia dihadapkan oleh dewa Ra yang notabene adalah dewa tertinggi di Mesir, Amun bisa mengalahkan Ra dengan kekuatannya, sehingga dia juga dipanggil Amun-Ra. Dan untuk menghormati Dewa Amun, dibangunlah sebuah kuil di Thebes.

Anubis

from google (Dewa Anubis)
Anubis adalah dewa ‘pembalseman’ dan kematian. Kenapa disebut dewa pembalseman karena tugas dari dewa ini adalah mengawetkan orang yang meninggal, yaitu dengan memngoleskan balsem. Karena sering melihat serigala berada di pemakaman, maka orang Mesir kuno percaya bahwa dewa anubis yang memiliki kepala berbentuk kepala serigala ini merupakan dewa kematian.
Anubis adalah dewa yang membantu mengolesi balsem pada Osiris setelah ia dibunuh oleh Seth. Dengan demikian, Anubis adalah dewa yang mengawasi proses pemumian orang ketika mereka meninggal.
Para imam (sebutan untuk kepala suku di daerah tertentu di Mesir) sering memakai topeng Anubis selama upacara mumifikasi.

Aten

from google (Aten)
Aten muncul sebagai sebuah piringan matahari dengan sinar yang berhakhir pada tangan-tangan. Aten adalah bentuk dewa matahari Ra.

Selama pemerintahan Akhenaten, Aten adalah raja para dewa.

ATUM

from google (Dewa Atum)
Perwujudan Atum digambarkan sebagai seorag pria dengan dua buah mahkota di kepalanya. Atum dikenal sebagai pencipta dewa. Orang Mesir kuno percaya kalau Atum adalah dewa pertama yang ada di bumi. Selain itu, orang mesir kuno juga percaya kalau Atum lahir dari air kekacauan (Nun) dan menciptakan semua dewa.

Bastet

from google (Dewi Bastet)
Perwujudan dari dewi Bastet adalah seorang wanita dengan kepala kucing. Bastet adalah dewi pelindung. Dia selalu terlihat seperi dewi pelindung yang tangguh. Terkadang, dia muncul dengan kepala berbentuk seperti kepala singa untuk menjaga raja dalam pertempuran. Kucing adalah simbol untuk Bastet. Orang Mesir kuno membuat banyak patung berbentuk kucing untuk menghormati dewi Bastet.

 

Bastet adalah salah satu anak perempuan dari dewa matahari, Ra. Kuil megah dibangun di Bubastis, Delta, untuk menghormati dewi Bastet.

Bes

from google (Dewa Bes)
Bes memiliki perwujudan kerdil (seperti kurcaci) yang merupakan penggabungan dari wujud singa dan manusia. Bes memiliki permukaan kulit seperti singa.

 

Bes bertugas menjaga wanita yang sedang hamil, bayi yang baru lahir dan sebuah keluarga. Orang Mesir kuno juga percaya kalau Bes melindungi mereka dari serangan ular dan gigitan kalajengking.

Jimat Bes sangat populer digunakan oleh warga Mesir kuno.

Geb

from google (Dewa Geb | bawah)
Geb digambarkan sebagai seorang laki-laki yang berbaring dibawah lengkungan langit Dewi Nut dan memiliki angsa di kepalanya.
Geb adalah dewa bumi. Geb adalah suami sekaligus saudara laki-laki dari Dewi Nut. Dia juga ayah dari Osiris, Isis. Nepthys dan Seth. Orang Mesir memiliki kepercayaan kalau gempa bumi itu disebabkan oleh Geb yang sedang tertawa.

Hapy

from google (Dewa Hapy)
Hapy adalah dewa pembuat banjir. Dia dianggap penting bagi Orang Mesir karena dia membawa banjir setiap tahun. Banjir mengakibatkan tepi sungai Nil kaya akan lumpur yang memungkinkan untuk bercocok tanam.

Hathor

from google (Dewi Hathor)
Hathor adalah dewi pelindung. Dia juga merupakan dewi cinta dan kegembiraan. Hathor adalah istri Horus, dan terkadang dianggap sebagai ibu dari friaun.

 

Hathor terhubung dengan tempat asing. Di Sinai, Hathor adalah dewi padang pasir dan tambang pirus. Kuil yang besar dibangun untuk menghormati dewi Hathor, di Dandera.

Horus

from google (Dewa Horus)
Horus adalah dewa langit. Dia dikenal baik sebagai penjaga penguasa Mesir. Orang Mesir percaya kalau firaun adalah Horus di kehidupan nyata. Orang Mesir kuno memiliki banyak kepercayaan yang berbeda mengenai Dewa Horus. Salah satu dari kepercayaan itu adalah mereka meyakini bahwa Horus anak dari Isis dan Osiris. Setelah Osiris dibunuh oleh saudaranya, Seth. Horus merebut kembali tahta Mesir dari Seth. Dalam pertempurannya, Horus kehilangan salah satu matanya. Matanya tersebut dikembalikan pada Horus dan dijadikan simbol perlindungan untuk Orang Mesir kuno. Setelah pertempuran itu, Horus memilih untuk menjadi penguasa kehidupan di dunia. Sebuah kuil didedikasikan untuk Horus di Mesir, tepatnya di sebuah kota bernama Edfu.

Isis

from google (Dewi Isis)
Dewi Isis memiliki hiasan kepala berbentuk singgasana. Isis adalah Dewi Pelindung. Dia menggunakan kekuatan mantra sihir untuk menolong orang yang membutuhkan. Isis adalah istri dari Osiris dan ibu dari Horus.

 

Makna dari hiasan kepala Isis yang berbentuk singgasana adalah disana tempat Horus duduk. Dimana Horus di kehidupan nyata dianggap sebagai firaun.

Khepri

from google (Dewa Khepri)
Khepri adalah dewa dengan  wajah berbentuk kumbang. Dia merupakan dewa penciptaan, pergerakan matahari, dan kebangkitan.

 

Khepri terhubung dengan dewa Atum. Dia juga terhubung dengan dewa matahari Ra yang mendorong matahari melewati langit setiap hari.

Khnum

from google (Dewa Khnum)
Khnum adalah dewa pencipta, dan seorang dewa pembuat banjir. Khnum sebagai dewa pencipta, mencetak orang diatas roda tembikar. Tembikar dibuat dari lumpur sungai Nil, sehingga Khnum juga terhubung dengan peristiwa banjir tersebut.

Ma'at

from google (Dewi Ma’at)
Ma’at adalah dewi kejujuran, keadilan, dan kerukunan. Dia dikaitkan dengan keseimbangan hal-hal di bumi. Ma’at adalah anak perempuan dari dewa matahari Ra.
Firaun secara berkala melihat di dinding relief membuat sebuah persembahan pada Ma’at untuk menunjukkan kepada para dewa bahwa mereka telah menjaga kerukunan dan keadilan di bumi.

Nephthys

from google (Dewi Nephthys)
Nephthys adalah dewi pelindung kematian. Dia adalah saudara perempuan dari Isis dan Osiris, dan saudara perempuan/istri dari Seth. Nephthys juga ibu dari Anubis. Dia sering ditampilkan pada peti mati, atau dalam adegan penguburan.

Nun

from google ( Dewa Nun)

Menurut Orang Mesir kuno, Nun adalah air kekacauan. Nun adalah satu-satunya benda yang ada di bumi sebelum adanya daratan. Kemudian, daratan pertama muncul keluar dari Nun. Nun juga dikait-kaitkan dengan kekacauan yang terjadi di penjuru dunia.

Nut

 

 

from google (Dewi Nut | atas)

 

Perwujudan dari Dewi Nut adalah seorang perempuan yang tubuhnya melengkung melintangi langit, menggunakan gaun yang dihiasi bintang.
Nut adalah dewi langit, yang tubuhnya membentuk kubah/kanopi di langit. Nut adalah saudara perempuan/istri dari Geb, Dewa bumi. Dia juga ibu dari Isis, Osiris, Nephthys dan Seth.
Orang Mesir kuno percaya kalau pada akhir hari, Nut akan menelan dewa matahari, Ra, dan memberikan kehidupan padanya kembali di pagi berikutnya.

Osiris

from google (Dewa Osiris)

Osiris adalah dewa kematian, and penguasa neraka. Osiris adalah saudara laki-laki sekaligus suami dari Isis, dan saudara dari Nephthys dan Seth. Dia juga ayah dari Horus.

Selain dewa kematian, Osiris juga merupakan dewa kesuburan dan kebangkitan. Untuk menghormati dewa Osiris, maka dibangunlah sebuah kuil di Abydos.

Ptah

from google (Dewa Ptah)

 

Ptah adalah dewa pengrajin. Dalam salah satu mitos penciptaan, Ptah adalah dewa pencipta. Dia mengucapkan kata-kata dan dunia akan menjadi apa yang dikatakannya.

Ra

from google (Dewa Ra)
Ra adalah dewa matahari. Dia merupakan dewa paling penting bagi orang Mesir kuno. Orang Mesir kuno percaya kalau Ra tertelan setiap malam oleh dewi langit, Nut, dan lahir kembali setiap pagi. Orang Mesir kuno juga percaya kalau dia bepergian ke neraka di malam hari. Di neraka, Ra muncul sebagai pria dengan kepala berbentuk pemukul.

Ra-horakhty

from google (Dewa Ra-Horakhty)
Ra-Horakhty adalah gabungan dari dewa Horus dan Ra. Horus adalah dewa langit, dan Ra adalah dewa matahari. Oleh karena itu, Ra-Horakhty dianggap sebagai dewa matahari terbit.

Sekhmet

from google (Dewi Sekhmet)
Sekhmet adalah dewi perang yang merupakan dewi terkuat. Perwujudan dari dewi Sekhmet adalah wanita berkepala singa.

seshat

from google (Dewi Seshat)
Seshat adalah dewi menulis dan pengukuran. Dia merupakan seorang wanita yang menggunakan gaun kulit harimau kumbang dan hiasan kepala berbentuk bintang.

Seth

from google (Dewa Seth)
Seth adalah dewa kekacauan. Seth mewakili segala sesuatu yang mengancam kedamaian di Mesir. Dia adalah saudara dari Osiris dan Isis, selain itu dia juga saudara sekaligus suami dari Nephthys. Dia membunuh saudaranya Osiris, kemudian bertempur dengan keponakannya Horus untuk menjadi penguasa kehidupan.  Pada waktu tertentu dalam sejarah Mesir kuno, Seth dikaitkan dengan kekuasaan raja.

Shu

from google (Dewa Shu | tengah)
Shu adalah dewa udara/angin. Shu menopang dewi Nut sehingga bumi dan langit terpisahkan. Dewa Shu juga merupakan ayah dari Nut dan Geb.

Sobek

from google (Dewa Sobek)
Sobek adalah dewa Nil, seorang pria dengan kepala buaya dan hiasan kepala berupa bulu & cakram matahari. Sobek terhubung dengan Nil, dan melindungi raja. Buaya hidup dijaga dalam kolam di kuil yang dibangun untuk menghormati Sobek.

tawaret

from google (Dewi Tawaret)
Tawaret memiliki kepala kuda nil dengan lengan dan kaki singa, punggung dan ekor buaya, dan dada & perut wanita hamil. Tawaret adalah dewi yang menjaga wanita selama hamil dan juga menjaga anak yang baru lahir.

 

Banyak dewa dan dewi di Mesir kuno memiliki kuil yang dibangun untuk menghormati mereka. Dewa dan dewi seperti Tawaret dan Bes  disembah oleh orang-orang di dalam rumahnya sendiri. Orang-orang menyimpan amulet (patung berbentuk dewi Tawaret) dan menjaganya di dalam rumah.

tefnut

from google (Dewi Tefnut)
Tefnut adalah dewi embun/kelembapan, wanita dengan kepala menyerupai singa. Dia merupakan istri dari Shu dan ibu dari Nut (dewi langit) dan Geb (dewa bumi).

Thoth

from google (Dewa Thoth)
Thoth adalah dewa menulis dan pengetahuan. Thoth digambarkan sebagai pria dengan kepala burung ibis yang sedang menggenggam palet menulis. Orang Mesir kuno percaya kalau Thoth memberikan mereka hadiah tulisan hieroglif. Thoth juga terhubung dengan bulan.
Finally, ke29 dewa & dewi kelar juga gue bahas, meskipun ga terlalu mendetil. Setidaknya kita punya pengetahuan baru tentang dewa – dewi yang terkenal di zaman Mesir kuno. Mungkin selanjutnya gue bakal nyoba ngebahas dewa-dewi yunani, semoga nggak semeruah ini list nya. Omaigat jari gue sudah mulai berotot!!!
Postingan gue kali ini sangat dibantu oleh satu situs mengenai mythology Egypt. Situs yang cukup lengkap untuk seorang awam ingin mengenal tentang Mesir kuno. Feel free to visit this site http://www.ancientegypt.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *